Sabtu, 10 Oktober 2015

Ini Resiko Meninggalkan Charger Ponsel Terhubung Ke Listrik Saat Tidak Digunakan

Perangkat pintar seperti smartphone dan tablet merupakan salah satu jenis perangkat elektronik yang cukup rentan mengalami berbagai masalah. Untuk itu pengguna harus benar – benar bijak dalam merawat dan menggunakannya.
Bahkan tidak hanya smartphone atau tabletnya saja yang ‘ringkih’, namun juga segala sesuatu yang berhubungan dengan keduanya, seperti misalnya charger. Yap charger memang salah satu bagian penting dari sebuah gadget yang memiliki peran cukup vital untuk mengisi ulang daya pada batrei.
Berbicara mengenai charger smartphone ini, ada beberapa hal yang seringkali menjadi kebiasaan banyak orang yang ternyata berdampak negatif terhadap keawetan dari charger itu sendiri maupun terhadap lingkungan. Salah satunya adalah meninggalkan charger dalam posisi terhubung ke listrik ketika sedang tidak digunakan. Anda pernah melakukannya atau bahkan sering?
Jika Anda sering melakukan hal ini sebaiknya Anda sesegera mungkin menjauhi kebiasaan tersebut. Pasalnya meninggalkan charger dalam posisi terhubung listrik saat tidak digunakan memiliki dampak negatif. Benarkah? Lantas, apa dampaknya? Yuk simak ulasannya berikut ini.
Resiko Meninggalkan Charger Ponsel Terhubung ke Listrik saat Tidak Digunakan
Resiko Meninggalkan Charger Ponsel Terhubung ke Listrik saat Tidak Digunakan
Menurut profesor Cambridge David MacKay seperti dikutip dari Techradar, jika seseorang mencabut charger ketika tidak sedang digunakan dan dilakukan lebih dari satu tahun, maka berarti orang tersebut akan menghemat atau menyimpan jumlah energi yang sama yang diperlukan untuk mandi dengan air panas yang dipanaskan dengan pemanas listrik.
Atau dengan kata lain, jika seseorang sering meninggalkan charger dalam posisi terhubung listrik ketika tidak sedang digunakan maka ia telah berlaku boros. Meski jumlah energi yang terbuang sia – sia terbilang kecil, namun jika hal ini terjadi secara berulang – ulang dan dalam waktu yang lama, hasil kali dari jumlah energi yang kecil tersebut bisa saja menjadi besar. Bagaimana? cukup disayangkan bukan?
Nah untuk itu, meski energi yang terbuang akhibat charger yang tetap terhubung listrik saat tidak sedang digunakan cukup kecil, namun alangkah bijaknya jika tetap selalu berhemat. Semoga bermanfaat.

sumber : http://www.teknologiku.info/ini-resiko-meninggalkan-charger-ponsel-terhubung-ke-listrik-saat-tidak-digunakan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar